Friday, October 4, 2013

Penyakit Lipoma

Penyakit LipomaArtikel Penyakit Lipoma – Lipoma merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak. Penyebab penyakit lipoma ini belum diketahui secara pasti .Benjolan lunak, berwarna kuning terang dan disekelilingi oleh kapsul yang tipis. Umumnya dapat digerakkan dari dasar dan tidak disertai nyeri. (nyeri timbul jika lipoma di tekan dan di pijat). Pertumbuhannya lambat dan tidak pernah mengalami perubahan menjadi ganas (meskipun type tumor ganas liposarkoma juga berasal dari jaringan lemak)
Ada beberapa macam lipoma yang dijumpai, seperti tipe Subkutaneus superfisial. ,Deep intramuscular, Spindle cell lipoma, Angiolipoma benign lipoblastoma, Lumbosacral lipoma, Diffuse lipomatosis, Lipoma of tendon sheath, nerves, synovium, periosteum, lumbosacral area atau tempat lain yang letaknya lebih dalam / deeper seperti pada jantung, otak dan paru-paru. Lipoma timbul tidak selalu karena faktor keturunan, meskipun bisa tampak seperti multipel lipomatosis herediter. Beberapa dokter percaya bahwa timbulnya lipoma biasanya dipicu dengan trauma kecil pada daerah ybs (minor injury). Tidak ada korelasi antara pertumbuhan lipoma dengan kelebihan BB (over weight)
Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan pengobatan atau tindakan apapun, kecuali untuk alasan pembesaran benjolan yang telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma. Namun, karena jumlah benjolan yang terdapat pada diri Anda cukup banyak, hingga mencapai 15 buah, maka alangkah baiknya jika dilakukan biopsi atau pengangkatan lipoma untuk dipastikan kembali jenis dari tumor.
Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak. Untuk memastikan gambaran benjolan tersebut, Anda dapat diperiksa dengan menggunakan USG terlebih dahulu. Adapun diagnosis pasti dari benjolan tersebut adalah dengan memeriksa potongan benjolan setelah diangkat, apakah tergolong tumor jinak atau ganas.
Pencegahan lipoma agar tidak terjadi infeksi luka operasi, jaga agar kondisi luka tetap kering. Minum obat yang diberikan Dokter teratur, kontrol luka untuk ganti verband ke poli Bedah

No comments:

Post a Comment